Guru dan profesionalisme : kajian sosio-edukasi kependidikan Islam

Collection Location Perpustakaan Pusat
Edition Cetakan pertama, Desember 2020
Call Number 370 ARB g
ISBN/ISSN 978-602-446-521-6
Author(s) Arbangi,
Nita Nur M
Subject(s) Guru
Profesionalisme
Classification 370
Series Title
GMD Text
Language English
Publisher Remaja rosdakarya
Publishing Year 2020
Publishing Place Bandung
Collation v, 160 halaman : ilustrasi ; 25 cm
Abstract/Notes Guru sebagai bagian integral dari organisasi sekolah perlu mengembangkan kompetensinya agar peka dan mampu menghadapi perubahan dan perkembangan zaman. Tugas pokok, fungsi, serta kedudukan guru dalam koridor profesi sangat penting dalam mencapai visi misi pendidikan sehingga peningkatan kualitas keprofesian guru dalam proses pembelajaran menjadi target yang harus dipenuhi guru dalam perannya sebagai eksekutor pembelajaran. Predikat guru Pendidikan Agama Islam sebagai agen perubahan (agent of change) mengharuskan guru sebagai subjek yang dapat tampil sebagai model perubahan (model of change). Eksistensi guru Pendidikan Agama Islam di sekolah yang terkait langsung dengan penyelenggaraan pendidikan Islam dituntut. mampu mengantisipasi berbagai tantangan. Perilaku profesional guru Pendidikan Agama Islam (guru PAI) memiliki perspektif yang berbeda dibandingkan dengan guru umum lainnya. Guru Pen- didikan Agama islam memiliki tugas yang lebih kompleks khususnya di sekolah dan di masyarakat pada umumnya. Guru Pendidikan Agama Islam sebagal public figure dituntut untuk dapat menampilkan keteladanan yang menarik perhatian semua orang. baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat. Sikap, perilaku, dan tindakan yang dilakukan oleh seorang guru Pendidikan Agama Islam menjadi cerminan bagi masyarakat atau umat, Buku yang ada di tangan para pembaca ini merupakan buku yang akan meng uraikan tentang seluk-beluk profesionalisme guru PAI melalui program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang dicanangkan oleh pemerintah RI.
Specific Detail Info
  Back To Previous